Rabu, 01 Februari 2012

Kegalauan Superhero Jepang

HAI HAI HAI!!! Piye kabare mas mbak? Wkwkwk. Kok gue jadi jawa gini ya? Hahaha. Seneng banget hari ini udah februari. Walopun gue ngerasa hari ini ga ada bedanya ma hari yang lain-lain, tapi gue mau seneng aja. Kenapa? Ga boleh? Yeeeee.. terserah gue dong. Hahaha. Hari ini gue memulai hari jam 9 dan langsung di serang dengan perut mules. Bener aja, gue mencret coy. Tapi lega banget habis mencret tuh. Kayak menangin piala dunia aja rasanya.


Kalo memulai bulan februari luar biasa kayak gini gue yakin bulan February gue bakal jadi luar biasa!! Amin!! Semingguan ini ampe tanggal 6 gue masih ujian akhir semester. Doain ya mudahan gue semester ini IPnya bagus. Hahaha. Gue masih semester satu cuy. Makanya doain gue biar dari semester 1 ini nilai IP gue bagus-bagus. Yang ngedoain gue, gue juga doain mudahan masuk sorga. Amin.

Gue jujur tadi malem ga tenang gitu. Gue mikirin sesuatu yang menurut gue galau n ini bener-bener mengganggu pikiran gue. Kemampuan telepati n phsycis gue jadi terkikis. Padalah bentar lagi ada lomba mengangkat truk menggunakan telepati gitu. Kalo gini bisa-bisa gue ga bisa masuk akademi X-man. Padahal rencananya gue mau ambil D3 jurusan hipnotis disana. Siapa tau gue bisa kaya Uya Kuya gitu. “Kalo anda lihat kaki anda harus tidur”. Tapi gue pernah baca n bener juga, kalo misalnya yang di hipnotis ma Uya Kuya itu pemadam kebakaran bahaya coy. Pas lagi tugas madamin rumah kebakaran, kena hipnotis ma Uya Kuya, bukannya kerja, merekanya malah tidur gara-gara liat api. Nah, kalo liat api yang kecil aja tidurnya lama, jangan-jangan waktu kebakaran malah pada semaput indah semua. wkwkwk

Kegalauan yang mengganggu gue tadi malem itu bukan kegalauan dikalangan orang tua, bukan juga dikalangan anak muda. Tapi dikalangan anak kecil. Kenapa? Karna waktu gue buka memory-memory masa kecil yang gue simpen di kardus deket sudut-sudut otak gue. Gue waktu kecil ternyata galau banget. Dan setelah gue selidikin, apa sih yang bikin gue waktu kecil dulu. Setelah sekian lama bertapa di gunung, berlatih ninjutsu, menempuh jarak marathon, mengikuti perlombaan kerajaan, menetap di pedalaman ma tarzan, akhirnya gue nemuin penyebab kenapa gue galau waktu kecil. Itu dari tokoh idola gue.

Gue waktu kecil itu ngidem banget ma superhero, terutama dari Jepang. Ga tau kenapa, mungkin gue gara-gara waktu puber gue menggilai jepang, ampe sekarang gue masih ngidem indah ma yang Jepang-Jepang. Tapi gue ga ngikutin yang porno n hentai loh. Yang ecchi2 aja gue ga ngikutin. Gue kan orangnya baik coy. Gue ga mau racunin pikiran gue ma yang gitu-gitu. :D

Waktu kecil gue seneng banget nontonnya, gue ikutin gayanya, gue ikutin aksinya, gue ikutin kata-katanya waktu berubah. Pokoknya gue berusaha lah biar gue terlihat mirip ma superhero-superhero gue itu. Ampe gue beli bajunya Power Ranger Mighty Morphin yang warna merah n gue pamer ma temen-temen gue. Jadi gue dulu gaul coy, kecil-kecil udah cosplay. Hahahaha

Ada beberapa Superhero, ato kalo orang jepang itu nyebutnya tokusatsu (ntah bener apa enggak, yang gue tau gitu). And yang paling gue inget itu 3. Power Ranger / Super Sentai, Kamen Rider / Mask Rider, ma Ultraman.  Buat gue yang dulu masih kecil, gue pikir mereka ini keren abis. Tapi sekarang gue sadar, kalo banyak banget kegalauan mereka. Nah, kali ini gue mau bahas kegalauan superhero Jepang nih.

Yang pertama dulu yang paling gue suka, Kamen Rider. Gue suka banget kamen rider ampe sekarang. Meskipun gue ga ngikutin semua Kamen Rider tapi gue lumayan tau lah nama-nama rider dari kamen rider V1 sampe kamen rider Fourze sekarang nih. Kamen Rider itu biasanya ngambil bentuk serangga, tapi sekarang udah banyak bentuk coy. Ada yang naga, kelelawar, banteng, hiu, n dll lah. Tapi gue ga mau bahas yang bagus-bagus sekarang. Gue mau bahas yang jelek-jelek jadi kamen rider aja :D

Kegalauan apa yang gue temuin? Yang pertama tu waktu berubahnya coy. Mereka pasti gaya, n itu durasi gayanya lama banget! Gue ga ngeri kenapa dari zamannya V1 ampe Agito berubahnya mesti pake gaya. Gue liat gayanya V1 itu alay banget coy. Loe pernah denger Bang Radith bilang kalo gayanya alay yang di acara-acara music tu kaya pembantu? Nah, gaya berubahnya kamen rider V1 itu sama alaynya. 

Galau banget menurut gue. Kalo gue jadi musuhnya gue udah pukulin tu orang pas lagi berubah, karna setelah gue perhatiin tu orang ga bisa berubah kalo ga gaya dolo. Hadeeeeeeh.

Terus, ada juga kamen rider yang aneh berubahnya. Itu kamen rider hibiki. Kamen rider hibiki itu kalo berubah pake garpu tala.

Garpu tala itu disentuhin ke sesuatu biar bunyi terus di tempelin di jidat, berubah deh. Nah, gue mikir, gimana seandainya tu garpu tala lagi di mainin ma dia di jalan terus ga sengaja kena sesuatu n bunyi. Kebayang aja orang yang lagi disitu pada kabur semua. Ngapain coba aneh-aneh gitu. Gue kalo punya garpu tala gitu sepanjang hai was-was coy, takut bunyi sendiri.


Udahan dulu kamen ridernya. Sekarang pindah ke Power ranger. 

Power Ranger tu 5 orang terpilih yang di tugaskan untuk mengamankan bumi dari monster-monster. Kalo power ranger gue ga ngikutin, gue cuma tau power ranger legendaries doank, yang kemana-mana selalu ada ampe terakhir di Ninja Storm juga ada. Orangnya itu Dr Tommy Oliver.

Kegalauan apa yang gue temuin di power ranger?  Ntah kenapa yang dipilih itu pasti orang yang udah kenal satu sama lain n mereka suka pake baju warna-warni. 

Padahal kalo gue liat orang-orang lain tu bajunya biasa aja, warnanya sama, cuma ga menyolok. Gue sempet mikir, apa yang milih power ranger ni suka ma sekelompok ababil yang pake baju cerah warna-warni? Jangan-jangan ntar Band Groovy juga jadi power ranger?. Kasimpulannya adalah, yang milih orang-oorang yang jadi power ranger ni orangnya alay.

Lalu kalo mereka berubah tu barengan gitu gayanya diirigin ma lagu buat berubah.
Mirip banget ma boyband coy.

Mungkin kalo beberapa power ranger dari beberapa generasi ngumpul, mungkin sekitar 10 power ranger gitu. Gaya berubahnya bisa disatuin jadi koreografi dance buat boyband. Gue sih setuju aja kalo ada gitu, lebih epic lagi gue rasa :P

Terus yang bikin gue heran, kenapa habis berubah mesti pake gaya. 

Udah berubah, mereka antri buat gaya. Yang pertama pasti warna merah, yang merah bakal bilang gini sambil memperagain koreografi dance ala boyband alay yang numpang tenar “dengan keberanian, semangat, tekad, dan nekad, pembela kebenaran dengan unsur api, tukang rusuh dan demonstran sejati, suka gelapin duit arisan dan hobinya MLM, power ranger merah!!!!” . Terus habis ngomong gitu dia pose indah syahdu ala maho gitu. Habis itu gantian ma ranger ranger yang lain. Kalo dari urutan, yang cewe biasanya paling terakhir. Nah, kalo misalnya 1 ranger dikasih durasi 1 jam buat pose itu ranger terakhir bisa ke mall dulu sambil nunggu gilirannya. Mungkin waktu masih giliran ranger merah, yang ranger terakhir *biasanya pink* ngomong ma ranger yang lain “Eh, gue ke mall bentar, ada diskon. Ntar kalo udah mau giliran gue, telfon gue ya”. Kebayang banget galaunya kalo gitu. Sama kaya lagu  band Zhifilia “Menunggu adalah sesuatu yang membosankan bagiku..”. 


Kalo udah berubah juga pose rame-rame n tambahan ledakan di belakangnya. Buat apa coba?  Sok asik banget gitu loh. wong yang normal-noral aja kenapa? Kalo misalnya ada orang ga sengaja lewat pas tu power ranger lagi pose ya semaput dong coy...

Terus kasian juga yang jadi musuhnya, disuruh nonton dance ma pose-pose ga jelas yang di tampilin ma power ranger-power ranger itu. Mungkin aja waktu lagi nunggu tu monster-monster pada main kartu dulu. Nah, disini gue baru ngerti kenapa kalo nyerang power ranger, 1 monster pasti bawa anak buah. Itu biar dia ada temen main kartu jadinya ga bosen nungguin power ranger pose-pose ga jelas. Waktu lagi giliran ranger ketiga, mungkin musuhnya ga sabar terus ngomong ma power ranger yang pertama “Bro, temen loe masih lama? Bentar lagi jam makan siang. Laper nih. Temen-temen gue juga udah ngantuk”. Kan kasian monsternya jadi galau gitu. Power ranger tu emang ga sensitive banget. Ckckck

Nah, kalo udah kelahi juga galau banget. Gue nemuin tehnik kamera yang dipake di power ranger sama dengan yang di pake di sinetron. Akhirnya gue ngambil kesimpulan, Power Ranger adalah sinetron berkedok superhero yang targetnya adalah anak-anak.  Nih gue jelasin kenapa gue ngambil kesimpulan gitu.
  1. Tehnik kamera yang digunain mirip ma sinetron. Di shoot mukanya close up pake  Zoom in zoom out gitu. Terus juga kalo misalnya dalam suatu tempat gitu ada lima orang n salah satu orang ngomong sesuatu yang galau kayak “Kita bakal mati”. Satu per satu muka orangnya bakal di shoot pake zoom in zoom out. And yang lebih aneh lagi kalo mereka lagi nungguin temen mereka pulangnya paling telat dari medan tempur gitu. Kalo misalnya yang nungguin 4 orang, yang di tungguin akhirnya datang n teriak “Teman-teman!!!”. Yang lain pasti nyahut, tapi yang galau itu kenapa mesti satu per satu n antri? Yang pertama jawab, n biasanya manggil namanya “Kotaro”. Yang kedua lagi “Kotaro”, yang ketiga ampe ke empat gitu terus. Nah kebayang kalo disana ada sekitar 50 orang n semuanya di shoot satu-satu. 4 jam cuma buat 1 dialog donk coy. Wkwkwkw
  2. Yang kedua, pemerannya pasti remaja. Ini kan film anak kecil, kenapa yang main tu pada remaja semua. Malahan kadang diselipin hal-hal yang berhubungan ma cinta-cinta di power ranger tu. Sok dramatis lah. Anak kecil kan kasian.


Yah, itulah yang bikin gue ngambil kesimpulan gitu. Terus kegalauan yang juga gue temuin tu waktu mereka kena bom. Itu ada ciri khasnya coy. Pertama yang merah, itu lompat salto gitu ke arah atas, ato posisinya di tengah. Yang merah ma kuning biasanya lompat dari kanan kekiri. Kalo yang hijau ma pink biasanya lompat dari kanan kekiri. Dan kalo mereka jatuh tu berjejer di tempat yang sama sesuai urutan mereka. Gue heran, kenapa coba harus kayak gitu? Sok dramatis n koreografi banget. Bener-bener galau dah tu power ranger.


Terus biasanya kan kalo monster2 di power ranger itu kalo hancur versi kecilnya mereka bakal jadi besar. Nah, power ranger ga mau kalah, mereka panggil dan robot mereka. Sebenernya kesempatan menang monstrer2 ini presentasenye gede banget. Tapi lagi-lagi mereka di paksa menonton robot-robot berkoreografi. Padahal kalo gue jadi monsternya gue bakal injek mereka selagi robot mereka berkoreografi. Cuma itu ga dilakuin ma monsternya. Mungkin karna monster2nya juga suka boyband kali.



Nah, sekarang yang terakhir itu Ultraman. Ultraman tu identik ma sinar laser dan bunyi alarm kebakaran di dadanya. Gue ga suka ultraman karna menurut gue mereka itu lemah. Ga bisa kelahi. Cuma bisa ngomong “Heah!!” doank <<itu versi jepang, kalo versi inggerisnya mungkin “Hell Yeah!!”>>. Ga asik banget kalo ultramen itu. Kalo mie ramen masih mending, bisa di makan. Gue sama sekali ga ngikutin ultraman, jadi gue ga tau sekarang ultraman masih ada ato udah punah. Yang gue tau sekarang tu cuma ultramilk. Enak coy.
 
Kegalauan yang gue temuin di ultraman ini dikit tapi ya lumayan lah. Hahaha. Ultramen itu biasanya berubah dari tongkat yang kaya tongkat ibu peri yang ujungnya ada permata bisa bersinar gitu. Ini benda asik, di pencet, mekar, keluar cahaya, yang mencet jadi besar n bisu, cuma bisa ngomong “heah!!” doank. Gue pernah tau ada ultraman yang berrubah pake sikat gigi. 

Jadi ceritanya tu orang lagi sikat gigi indah ma sikat giginya. Tiba-tiba alarm markasnya bunyi tanda ada monster. Nah, loe tau apa yang di lakuin ma tu orang? Sikat giginya di angkat, terus di pencetnya tombol buat muterin siket gigi, sikat giginya muter, bercahaya n di jadi ultraman!! Gue ga kebayang kalo gue punya sikat gigi gitu. Ga bakal tenang gue sikat gigi. Salah-salah malah berubah. #eaaaaaaaaa
kagak percaya?? klik tulisan warna kuning ini

Terus kalo mereka berubah itu, ntah kenapa. Udah tradisi ato apa. Kameranya pasti ngeshoot dari bawah keatas. Loe tau kan kalo ultraman itu biasanya pake baju ketat? 


Nah, gue kaget waktu itu gue nemenin ade gue nonton ultraman, pas di berubah, kameranya ngeshoot dari bawah, bagian bawahnya ultraman nongol coy!! 

HEH! LOE SUPERHERO ATO GIGOLO!!  Ibu-ibu bisa pingsan kalo ngeliat punya ultraman yang segede itu. Kasian, itu kan galau banget coy.

Nah, yang aneh juga kenapa ultraman itu sengaja kelahi lama-lama ampe alarm di dadanya bunyi? Padahal menurut gue kalo tu ultraman mau, dari awal bisa aja dia ngeluarin laser nya buat ngehancurin monster. Tapi ini enggak. Sengaja banget gulat-gulatan ma monsternya biar terlihat keren. Sok asik banget gitu kan. Asli galau banget ni hero.

Nah, sekarang gue mau simpulin kegalauan ketiga superhero ini. Gue jujur heran ma Jepang. Tiap hari ada aja yang ngehancurin gedung-gesung di jepang tu. Entah dari pihak monster ato dari pihak  heronya sendiri, pasti kerjaannya ngehancurin gedung ato bangunan. Tapi besoknya tu gedung utuh lagi n siap buat di hancurin lagi. Ni jepang emang gila menurut gue. Bisa ngebangun apa yang hancur dalam sekejab! Gue bersyukur ni hero-hero ga ada di Indonesia. Ga kebayang kalo mereka ngehancurin 1 gedung aja. Kalo misalnya 1 gedung di Indonesia kelarnya 1 tahun, kebayang aja dalam 10 tahun, baru 10 episode yang baru keluar.

Dan loe tau apa yang paling identik ma superhero-superhero ini?? Baju ketat nyentrik warna-warninya cuy!! Dari zaman kakek gue ampe gue udah tua sekarang gue ga pernah liat mereka aksi ga pake baju ketat mereka. Kadang gue mikir jorok ngeliat yang cewe-cewe juga make baju ketat.

Ini maksudnya apa? Mereka mau tunjuin kemapuan apa kemaluan? Aneh banget coy.

Dan gue yakin banget baju ketat ini ga ada pengaruhnya sama sekali. Gue udah cerita gue pernah beli baju power ranger kan? Nah, waktu gue lagi main-main ma ayunan ade gue pake baju itu. Tiang kayu balok buat bertengger ayunan itu jatuh nimpa gue. “BUUUUUUK!!!” tepat di punggung gue. Gue waktu itu sama sekali ga ngerasain sakit… awalnya. Soalnya yang pertama gue rasain itu sesak nafas coy. Teru emak gue datang, loe tau apa yang dilakuin emak gue pertama kali? Meluk gue coy!!! Tambah sesak nafas dah. Nah, dari situ gue ambil kesimpulan bahwa Baju Ketat ga ada Manfaat. Cuma fashion item buat nonjolin badan doing.

Yah, itu aja dari gue.akhirnya tenang juga pikiran gue. Semua udah gue tumpahin disini. Saat gue cari kegalauan lain yang mungkin ka disadarin ma orang-orang. Buat yang punya ade, tolong adenya di jaga dari tontonan2 di atas. Karna kalo mereka ngefans ma superhero mereka bakal jadi brutal coy. Sok kelahi n sok pakaian ketat. Bahaya. Tetap semangat n stay away dari kegalauan!! Salam terakhir dari gue

“SAY NO TO GALAU”

7 komentar:

  1. hahahahahah
    seru coy,,,,
    ngomong2 galau ada yang kw kayaknya coy.....
    coba elo peratiin gambar no 2 dari bawah....
    tangannya alay coy..
    wkwkwkwkwkwkwkw......
    hahahah
    anak2 juga di suguhkan dengan ukuran mr.p nya ultramen....
    hahahahahaha..
    bisa bahaya coy.....

    BalasHapus
  2. hahaha
    iya tuh.. tangannya ngethrill..wkwkw
    nah itulah coy..
    gue ampe kaget waktu nonton itu..wkwkw
    perhatiin aja tu gambarnya ultraman..
    nongol gitu..wkwkw

    BalasHapus
  3. Hahahahhaha bang petra ini ada" ajj treadnya tp baguss ngakkk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih bang herman buat komen dan kunjungannya :D

      Hapus
    2. Manusia Tolol, pengen terkenal tapi kurang ilmu. Goblok

      Hapus
  4. Hey manusia yang merasa paling kritis :-) gw gak tau lo anak kutubuku yg memaksa dirinya sok kritis supaya terlihat keren atau gimana. Yg jelas lo ngebuat artikel ini karena lo mau ngekritik tapi lo gak terlalu ngerti apa isi artinya :-) gw gak tau lo lahir taun berapa, karena setiap superhero dizaman itu belom tau apa itu arti "galau" seperti yg lo definisikan (anak kecil yg seharusnya lo dimasukin lg kerahim dan diaborsi aja sekalian dengan jamu murahan) post lo ini gak ada sangkut pautnya dengan kegalauan, kita sebagai warga indonesia punya gatot kaca yg selalu kita banggakan, mereka dijepang punya superhero yg mereka juga banggakan. Bayangkan kalau kebudayaan kita juga dihina sama bangsa lain. Gw gak peduli dengan cerita lo ngayunin adek lo di ayunan atau apapun yg jelas menurut gw lo mencoba ngelawak tapi lo gak punya bakat ngelawak, kalopun lo jadi stand up comedian rating lo kecil banget pasti. Jadi buatlah post yg bermanfaat dan orang yang membacanya bisa mendapatkan ilmu/pelajaran baru. Lo gak usah sok kritis, lo bikin beginian juga toei/bandai gak akan bangkrut.

    BalasHapus